Membuat Huruf Braille di Inkscape

Salam Perangkat Lunak Terbuka.

Setelah kemarin berbagi cerita tentang scan di BlankOn, kali ini saya akan membuat sebuah catatan tentang bagaimana membuat huruf Braille di Inkscape. oke mari kita mulai.

1. Buka Aplikasi Inkscape di Graphic, sebagai catatan saya menggunakan Linux BlankOn. hehe

2. Tuliskan kalimat sesuka anda dengan cara pilih tool bergambar huruf A. contoh yang saya tulis Pendekar BlankOn. (gambar 1)

3. Pilih Extensions ==> Text ==> Convert to Braille. (gambar 2)

apabila muncul seperti (gambar 3). maka anda harus install dulu paket python-lxml. dengan cara ketikan jampi-jampi berikut ini di terminal

$ sudo apt-get install python-lxml

tunggu samapi instalasi selesai.

4. Coba jalankan langkah ke 3.

5. Maka hasilnya seperti (gambar 4).

berikut screenshot dari langkah-langkah diatas.

g1

Gambar 1

g2

Gambar 2

g3

Gambar 3

g4

Gambar 4

Sekian catatan dari saya mungkin ada yang mau menambahi bila ada yang kurang dalam catatan saya bisa langsung kirim aja komen di bawa tulisan ini. mari bersama-sama belajar. ^_^ semoga bermnafaat

Salam..

Tinggalkan Balasan

