Hak Akses Pada Web Server

Dalam dunia per-server-an hak akses begitu sangat penting, untuk menjalankan sebuah website perlu adanya hak akses disetiap direktori maupun berkas. yang pernah saya alami, saya mengunggah berkas web yang akan di-online-kan, kemudian saya coba cek jalankan webnya eeehhhhh… di tengah jalan ada sebuah permasalahan yakni ada salah satu pengaya yang gak jalan. Saya cari-cari permasalahanya tertetak dimana?, saya coba untuk mengubah hak akses semua folder dan berkas. Dan saya coba, akhirnya web berjalan dengan lancar dan pengaya berjalan lancar.😀

Berikut adalah cara merubah hak akses yang perlu diketahui. (jangan sampek salah memberikan hak akses, bisa-bisa web anda dihack)😀

1. Login ke Cpanel => File Manager

2. Klik Change Permissions pada direktori atau file yang akan di ganti.

3. Untuk Direktori ganti hak akses dengan 755

Screenshot from 2013-05-16 14:35:42

4. Untuk Berkas ganti hak akses dengan 644

Screenshot from 2013-05-16 14:36:10

5. Tekan Change Permissions untuk menggantinya.

Untuk mengubah Hak akses di Filezilla juga sama.

Sekian CMIIW.😀

One thought on “Hak Akses Pada Web Server

Tinggalkan Balasan

