Lei Jun, Sukses dengan Xiaomi-nya

lei jun-1Ada yang kenal dengan produk Xiaomi, Xiaomi sendiri adalah sebuah produk besutan Lei Jun yang konon juga disebut sebagai Job dari Cina, berikut cerita lengkapnya

Dunia smartphone akhir akhir ini dikejutkan dengan gebrakan ponsel murah dengan spesifikasi tinggi yang dilakukan oleh Xiaomi yang merupakan perusahaan pembuat smartphone yang berbasis di China. Sebagai sebuah perusahaan pendatang baru, selain handphone dengan spesifikasi high-end yang ditawarkan sangat murah jauh dibawah harga pasar juga strategi pemasaran atau penjualannya bisa dikatakan unik karena hanya dijual secara online. Tak perlu waktu yang lama, gebrakan yang dilakukan oleh Xiaomi ini membuatnya sukses dan bertengger sebagai perusahaan handphone terbesar nomor 3 di dunia, dibawah samsung dan apple, dan mengalahkan microsoft serta blackberry. Xiaomi sendiri didirikan oleh Lei Jun yang merupakan seorang pengusaha teknologi yang berasal dari China atau Tiongkok. Xiaomi Tech sendiri sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di China. Artikel kali ini akan membahas mengenai Biografi dan Profile dari Lei Jun yang merupakan Pendiri dari Xiaomi Tech.

Di China sendiri, Lei Jun dikenal sebagai salah satu orang yang merubah wajah industri dan teknologi di China selain Jack Ma yang merupakan Fonder dari Alibaba.com. Dari situ kemudian Lei Jun dikenal sebagai ‘Steve Jobs’ dari China. Lei Jun dilahirkan pada tanggal 16 Desember 1969 di Xiantao, Hubei, China. Sejak kecil ia merupakan seorang anak yang gemar teknologi hingga remaja. Setelah lulus dari sekolah Mianyang pada tahun 1987, Lei Jun Kemudian ingin melanjutkan studinya ke universitas. Ia kemudian mencoba mendaftar dan diterima di Wuhan University. Dari univeristas itu pula ia kemudian berhasil menyelesaikan studinya dan meraih gelar Bachelor of Science dalam bidang Teknik.

Setelah meninggalkan universitas, Lei jun kemudian membantu pengembangkan penemuan perangkat lunak Kingsoft pada tahun 1992, ia kemudian menjadi kepala eksekutif pada tahun 1998 di Kingsoft dan membawa perusahaan sukses dalam penawaran saham perdana atau IPO (initial Public Offering) di bursa saham Hong Kong. Sementara di Kingsoft, Lei jun sangat berperan dalam pembentukan Joyo.com, sebuah toko buku dan situs online e-commerce yang kemudian dijual ke Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon.com sebesar 75 juta Dollar pada tahun 2004. Ditahun itu juga, Lei Jun menjadi Inverstor terkemuka di China, dengan invertasinya di pengecer pakaian online merk Vancl dan juga video sosial berbasis jaringan YY, yang sahamnya diperdagangkan di AS yang kemudian meningkat lebih dari tiga kali lipat pada tahun lalu menurut Forbes.

Kemudian pada tanggal 20 Desember 2007, dengan alasan kesehatan, Lei jun kemudian mengundurkan diri sebagai Presiden dan CEO Kingsoft, kemudian pada tanggal 16 Desember 2008, Lei Jun menjadi Ketua UCWeb dan pada tanggal 6 April 2010, Lei Jun mendirikan Xiaomi Tech bersama mantan eksekutif Google Lin Bin, Dengan tujuan membuat smartphone berkualitas tinggi serta strategi penjualan handphone dibawah harga pasar pada umumnya yaitu setengah harga dari perangkat sejenis seperti samsung dan apple dan hanya mengandalkan penjual lewat online tanpa membuka toko retail, Xiaomi berhasil menggeser Blackberry dan Microsoft dan berhasil menempati posisi tiga besar sebagai perusahaan pembuat smartphone tersukses dibawah samsung dan apple. Tahun ini, Xiaomi memimpin pada kuartal kedua peringkat smartphone dengan pangsa pasar 14 persen di China menurut perusahaan riset Canalys, diikuti oleh Samsung, Lenovo, dan Yulong, masing-masing dengan 12 persen.

Pada 2013, Xiaomi bernilai lebih dari US $ 10 miliar, setara dengan Lenovo, sebuah perusahaan teknologi dengan karyawan 10 kali lipat lebih banyak karyawan yang didirikan 26 tahun sebelumnya. Xiaomi sejauh berjuang untuk mencapai sukses besar di luar Cina. Pada Agustus 2013, Xiaomi mempekerjakan mantan eksekutif Google Hugo Barra, yang disebut oleh Lei Jun sebagai orang asing pertama di perusahaannya yang bertugas mengawasi ekspansi internasional perusahaan Xiaomi. Lei Jun sendiri dikenal sebagai ‘Steve Jobs’ dari China karena gebrakannya dalam dunia teknologi dan mengubah wajah china dalam bidang industri dan teknologi. Lei Jun menikah dan memiliki dua orang anak dan tinggal di Beijing, China. Kekayaan bersih Lei Jun sendiri yang diperkirakan 8,8 miliar dolar AS menurut Majalah Forbes. Menjadikan ia salah satu orang terkaya di China dan masuk dalam daftar orang terkaya di Dunia.

CATATAN PENTING DARI KISAH SUKSES LEI JUN DENGAN XIAOMI-nya 😀

Dari kisah sukses seorang Lei Jun dengan perusahaan Xiaomi-nya dengan produknya, dapat kita petik pelajaran sebagai inspirasi dalam kita berusaha dan mencapai titik dimana kita menjadi seorang pengusaha diantaranya.

  • Product – not just another knock-off (bukan asal meniru)

Ini juga merupakan hal penting, kita membuat produk hanya sekedar meniru produk yang dibuat oleh pengusaha lain, melainkan juga memberikan jalan tengah, yakni apabila seorang pesaing memberikan harga mahal dengan spesifikasi produk yang bagus, kenapa kita tidak memberikan harga murah tapi bukan murahan dengan spesifikasi yang sama bahkan lebih bagus.

  • Price – pay less now, pay more later (Bayar murah sekarang, bayar lebih kemudian)

Hal ini perlu dikasih garis besar kali yak, bagaimana kita bisa menjual produk kita dengan murah sedangkan biaya produksi saja sudah mahal atau biaya ongkir, biaya ini itu dan dikalkulasi menjadi banyak, sedangkan Xiaomi ini menjual produknya dengan biaya yang dapat menutup biaya produksi sehingga bisa murah, tapi hal ini bukan untuk jangka panjang, mereka juga melakukan hal yang sama seperti yang dikatakan para motivator entrepeneur <- abaikan kata itu. yakni ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Yak Xiaomi meniru cara penjualan Amazon yang menjual berang secara online dan menjual produknya dengan harga untuk menutupi biaya produksi seperti yang saya katakan tadi.

Nah ini Quote pentingnya

XiaoMi has also managed to harness the power of social media by not only broadcasting their messages and announcements but by actively engaging with their customers. Engineers are routinely encouraged to speak directly to consumers and use gathered feedback to refine software.

  • Place – gain strength at home first 

Kenapa ada kata itu? yak walaupun Xiaomi sudah merambah pasar Amerika Serikat dan Asia Tenggara, tetap mereka juaranya di CIna. Walaupun sudah ekpansi pasar ke berbagai negara tetap fokus pada pangsa pasar di Cina yang mencapai 97%.

  • Promotion – the power of word of mouth (kekuatan dari mulut ke mulut)

Ini merupakan hal penting juga bagi seorang pengusaha, gimana tidak produk yang dibicarakan dari pelanggan ke calon pelanggan akan lebih sukses untuk dapat menarik calon pelanggan untuk membelinya.

  • Promotion – active use of social media

Promosi lagi yak, jangan bosen yak. Nah kita mesti nih aktif di media sosial. Jangan hanya aktifnya saat jualan saja, tapi kudu aktif saat ada pelanggan bertanya atau lain sebagainya. Satu lagi ini tambahan dari saya “Pahami karakter setiap media sosial”.

Mungkin itu sih yang bisa kita jadikan pelajaran buat usaha kita.😀 Salam hormat kepada para Sifu/Suhu/Master pengusaha. *Salim😀

 

Sumber artikel :

Sumber Gambar : Lei Jun dan Lei Jun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s