Memonitor atau Mengatur Service Linux di systemd

Setalah acara gnome.asia kemarin, ada aura tambahan untuk oprek dan mengupgrade mesin saya yang sebelumnya masih BlankOn 9 Suroboyo yang menganut paham sysvinit, mau saya upgrade ke BlankOn X Tambora yang menganut paham systemd.

Proses upgrade tersebut tidaklah berjalan mulus, masih ada beberapa paket yang konflik, semua jurus (ajaran bapak Azis dan teman2 pengembang BlankOn) kita kerahkan agar semua berjalan mulus.

Pertama saya pingin mesin saya pake systemd, walaupun di dunia persilatan masih banyak terjadi perdebatan yang seru untuk membahas sysvinit vs systemd, saya tak ikut campur soal perdebatan itu, yang penting mesin kita bisa buat kerja.. kerja .. kerja. Oke kita lanjutin aja, dari proses pergantian dari sysvinit ke systemd membutuhkan paket systemd yang lengkap diantaranya systemd, libpam-systemd, dan systemd-sysv. Apabila salah satu paket tersebut belum terpasang, pasanglah (apabila terjadi kekacauan pada sistem anda penulis tidak bertanggung jawab, tapi apabila masih ngotot mau pasang kami persilahkan dan kamu akan mendapatkan tambahan ilmu)

Monitoring dan atau Mengatur Service Linux di systemd

Ah kebanyakan bosa-basi saya ini,😀

Monitoring service linux di systemd

Monitoring service linux di systemd

Oke untuk dapat mengatur dan atau memonitor service linux yang terjadi di systemd secara gui (tampilan), kamu perlu memasang paket

Debian dan keturunannya

$ sudo apt-get install systemd-gui

dan untuk keluar Fedora bisa pasang paket systemd-gtk kalian juga memantaunya via terminal bungurasih dengan cara ketik

$ systemctl

Perintah tersebut merupakan tanpa pilihan service yang akan dimonitor, tetapi memonitor semua service yang ada.

Konon kita bisa menggunakan dua sistem yaitu sysvinit atau systemd pada kernel 3.16, pada saat booting (tekan SHIFT ~ apabila diperlukan) itulah waktunya kamu memilih antara sysvinit ataukah systemd. Pilihan ada padamu. Di mesin saya saya defaultkan sistemnya pake systemd.

Begitu sepenggal cerita saya, barang kali ada kurang berkenan maafkanlah dan ikhlaskanlah.😀 Happy Hacking

referensi : Linux.com

One thought on “Memonitor atau Mengatur Service Linux di systemd

Tinggalkan Balasan

